Pembangunan Budaya Kerja Menuju Service Excellent

 

Bersama dengan semangat Reformasi Birokrasi untuk mewujudkan birokrasi di Kabupaten Pemalang yang berkinerja tinggi, berintegritas, dan mampu memberikan pelayanan prima, Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Bagian Organisasi bertempat di Hotel Winner menyelenggarakan Bimbingan Teknis Budaya Kerja dengan mengusung tema “Pembangunan Budaya Kerja Menuju Service Excellent pada Layanan Publik”. Melalui bimbingan teknis budaya kerja, Pemerintah Kabupaten Pemalang berharap adanya peningkatan semangat dan kemampuan petugas layanan dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas prima (Service Excellent).

Diikuti puluhan petugas layanan dari berbagai SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang, dan  dipandu oleh narasumber yang kompeten di bidang pembangunan budaya kerja organisasi, Bimbingan Teknis Budaya Kerja berlangsung selama dua hari pada Jumat-Sabtu, 16-17 September 2016. Selanjutnya dengan menghadirkan “Drs. S. Djoko Purnomo, Apt, MKes”  dan “Dra. Martuti, MM.” Widya Iswara dari Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah, bimtek ini menyajikan materi berkualitas yang membahas tentang bagaimana Budaya Kerja yang Melayani dan seperti apa Pengembangan Pelayanan Publik, dengan Model Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Bimtek budaya kerja ini diselenggarakan dengan metode Focus Group Discussion (FGD). Melalui FGD proses pengajaran disampaikan secara santai namun tetap dapat mempertahankan fokus peserta, sehingga apa yang telah disampaikan akan mampu terserap dan diaplikasikan saat mereka bertugas.

Menurut Dra. Martuti, MM. menciptakan budaya kerja yang melayani dapat dilakukan dengan meningkatkan fungsi manusia dalam organisasi yang merupakan bagian dari lima fungsi manajemen “Man, Money, Material, Methode, and Market”. Pada ranah pemerintahan, pembangunan Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi upaya nyata dalam meningkatkan fungsi manusia (Man) dalam organisasi. Pembangunan budaya melayani yang dilakukan pada ASN, akan membantu mewujudkan pelayanan prima yang dilandasi profesionalisme ASN sebagai pelayan publik.

Selain pembangunan budaya kerja pada ASN, terwujudnya pelayanan publik yang prima, dapat dicapai melalui pengembangan layanan publik dengan model Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Pelayanan Terpadu Satu Pintu diperlukan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan publik tanpa harus mengunjungi kantor yang berbeda untuk jenis layanan publik yang berbeda pula. Adanya PTSP akan membuat masyarakat dengan mudah mendapatkan layanan publik untuk berbagai jenis layanan dalam satu loket pelayanan.

Dalam rangka mendukung reformasi birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang, Penyelenggaraan Bimbingan Teknis  Budaya Kerja diharapkan dapat meningkatkan kinerja aparatur yang berdampak pada peningkatan kinerja Pemerintah Kabupaten Pemalang untuk mewujudkan Pemalang Hebat yang Berdaulat, Berjatidiri, Mandiri dan Sejahtera.

0 Responses to “Pembangunan Budaya Kerja Menuju Service Excellent”


  • No Comments

Leave a Reply