Berita

Pameran Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Pemalang Tahun 2023

Pemerintah Kabupaten Pemalang pada hari Selasa tanggal 14 November 2023 menyelenggarakan kegiatan Pameran Inovasi Pelayanan Publik Program Laboratorium Inovasi (Labinov) hasil Kerjasama Pemerintah Kabupaten Pemalang dan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI). Pameran Inovasi dibuka oleh Bupati Pemalang Mansur Hidayat, S.T bersama dengan Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI Dr.Tri Widodo Wahyu Utomo, SH,MA. Dalam sesi pembukaan turut hadir pula Bagian Organisasi Setda Kabupaten Brebes, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang, seluruh Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian di Lingkungan Setda, Kepala Puskesmas, seluruh Lurah dan Pimpinan BUMD di Kabupaten Pemalang.

Pameran Inovasi Pelayanan Publik di Kabupaten Pemalang merupakan bentuk kegiatan dalam Tahap Display atau tahap ke-lima atau akhir dari seluruh rangkaian Program Laboratorium Inovasi (Labinov). Tahap sebelumnya yang sudah dilalui Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam Program Labinov meliputi : Tahapan Drum Up (membangun kesadaran berinovasi), Diagnose (mengidentifikikasi masalah), Design (memunculkan gagasan dan rencana aksi inovasi), Delivery (Pelaksanaan dan monitoring kematangan inovasi). Adapun tujuan penyelenggaraan pameran yaitu tersosialisasikannya inovasi pelayanan publik hasil Program Laboratorium Inovasi, meningkatnya budaya inovatif dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan dan terwujudnya pelayanan publik yang prima di Kabupaten Pemalang.

Bupati Pemalang menyampaikan pesan kepada seluruh instansi untuk berani mengembangkan budaya berinovasi melalui berfikir out of the box tidak selalu bekerja business as usual dalam mengatasi persoalan strategi di Kabupaten Pemalang seperti penanggulangan kemiskinan, mengatasi anak tidak sekolah, penurunan stunting, memacu daya saing, mendorong pertumbuhan ekonomi, penurunan inflasi dan peningkatan tata kelola pemerintahan.Bupati Pemalang mengharapkan seluruh instansi mewujudkan Gerakan “One Agency One Innovation” yaitu satu instansi minimal menghasilkan satu inovasi dalam satu tahun.

Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI Dr.Tri Widodo Wahyu Utomo, SH,MA menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Pemalang yang telah mampu menyelesaikan tahap terakhir (kelima) yaitu Display  (menunjukan manfaat inovasi). Deputi menyampaikan bahwa sejak tahun 2015 – 2023 telah mendampingi 117 kabupaten/kota di Indonesia untuk program yang sama yaitu Labinov namun sejak pandemi kualitas penyelenggaraan mengalami penurunan sehingga banyak yang tidak sanggup melanjutkan sampai tahap keempat dan kelima. Dan Kabupaten Pemalang pada hari ini telah menyelesaikan tahap kelima berupa Pameraan Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023.

Pameran Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Pemalang Tahun 2023 menampilkan 43 stand inovasi Pelayanan Publik antara lain inovasi Klinik Hukum Terpadu dari Bagian Hukum, Si Bolang Mahir Plus Plus dari Puskesmas Rowosari, Mana Gigimu (Meningkatkan Ajakan Bagi Anak akan Gerakan Sikat Gigi Bersama Ibu) Puskesmas Kalimas, Gesit Danuri ( Gerakan Sadar Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular Terintegrasi Rockport dan Pusling) Puskesmas Paduraksa, Simpenrusa (Sistem Pendaftaran Online Rumah Susun sedderhana) dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Gelanganting (Aplikasi pemantauan status gizi balita secara mandiri) dari Puskesmas Losari dan inovasi lainnya. Selain menampilkan stand inovasi terdapat pula 10 stand UMKM, stand Bursa Kerja dan stand Edukasi Pengelolaan Sampah.

 Momentum pameran dimanfaatkan pula oleh beberapa instansi untuk menyediakan layanan publik di masing-masing stand seperti : Disdukcapil melayani aktivasi digital ID, DinsosKBPP melayani DTKS,   konsultasi psikologi & pengasuhan keluarga, pengaduan korban kekerasan perempuan dan anak, PDAM layanan Promo Sambungan Baru, Puskesmas Rowosari Pelayanan Kepesertaan JKN-KIS dgn BPJS Kesh. & Pemeriksaan Gula Darah, Puskesmas Bantarbolang konsultasi ASI & MPASI, pengukuran BB/TB balita dan status gizi, Puskesmas Kebondalem menyediakan pemeriksaan Hb bagi remaja putri dan ibu hami; fisioterapi dan konsultasi gigi, Puskesmas Watukumpul menyediakan pelayanan tensi gratis dan Puskesmas Losari melayani Cek Status gizi Balita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *