Berita

KICK OFF DAN SOSIALISASI KOMPETISI INOVASI PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2022

Dalam rangka melakukan penjaringan, seleksi, penilaian, dan pemberian penghargaan yang diberikan kepada inovasi yang dilakukan oleh perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang, UPTD, BUMD, dan Kelurahan/Desa se-Kabupaten Pemalang maka Pemerintah Kabupaten Pemalang mengagendakan penyelenggaraan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Kabupaten Pemalang Tahun 2022. KIPP merupakan event tahunan, dan pada Tahun 2022 ini adalah tahun ke-6 sejak dimulai pada tahun 2017. Mengawali event KIPP Kabupaten Pemalang Tahun 2020 ini, pada hari Kamis tanggal 15 September 2022 di Hotel Winner Pemalang telah dilaksanakan Acara “Kick Off dan Sosialisasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Kabupaten Pemalang Tahun 2022”.

Acara Kick Off Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Kabupaten Pemalang Tahun 2022 terdiri dari 2 (dua) sesi. Pada sesi pertama yang dihadiri para kepala unit kerja, acara diawali dengan visualisasi highlight 2 (dua) inovasi pemenang KIPP Kabupaten Pemalang Tahun 2021 yaitu Inovasi Disdukcatpil berjudul “Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa di Kabupaten Pemalang” dan inovasi Pukesmas Kalimas yang berjudul “MANA GIGIMU (Meningkatkan Ajakan Bagi Anak akan Gerakan Sikat Gigi Bersama Ibu)”, Kemudian masih dalam sesi pertama,  acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan Bupati sekaligus “Kick Off” KIPP yang dilakukan oleh Dr.Drs Mohamad Sidik M.Si selaku Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang. Dalam sambutannya, disampaikan ajakan agar seluruh perangkat daerah dan unit kerja di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang semakin giat berinovasi dan menjadikan KIPP pada Tahun 2022 ini sebagai momentum peningkatan jumlah peserta maupun kualitas inovasi yang diciptakan.

Pada sesi kedua, Drs. Slamet Santoso, M.Si akademisi dari FISIP UNDIP yang bertindak selaku narasumber memberikan presentasi tentang teknis penulisan proposal inovasi yang efektif. Sesi kedua ini diikuti oleh perwakilan inovator dari masing-masing perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang, UPTD, BUMD, dan Kelurahan.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Pemalang menjelaskan bahwa Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang Tahun 2022 ini bertema “ Percepatan Reformasi Birokrasi melalui Implementasi Transformasi Kelembagaan, Transformasi SDM Aaratur, dan Transformasi Digital yang diwujudkan dalam inovasi pelayanan publik menuju pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ”.

Peserta Kompetisi terdiri dari seluruh Perangkat Daerah, RSUD, Puskesmas, Sekolah Dasar Negeri, Sekolah Menengah Pertama Negeri, Kelurahan/Desa dan BUMDdi Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang.

Beberapa persyaratan inovasi pelayanan publik yang harus diperhatikan agar dapat mengikuti kompetisi adalah:

  1. memenuhi seluruh kriteria Inovasi;
  2. Selaras dengan tema KIPP 2022;
  3. relevan dengan salah satu kategori KIPP;
  4. menggunakan judul yang menggambarkan Inovasi dengan memperhatikan norma dan kepantasan;
  5. relevan dengan salah satu kategori Inovasi; dan
  6. telah diimplementasikan paling singkat 3 (tiga) bulan. Usia implementasi dihitung mundur dari waktu penutupan pendaftaran KIPP 2022 dengan melampirkan bukti valid yang menunjukkan informasi tersebut.

Adapun pengajuan proposal inovasi pelayanan publik dalam KIPP Kabupaten Pemalang Tahun 2022 dilakukan secara onlinemulai tanggal 16 September – 1 November 2022 melalui aplikasi (http://jipp.pemalangkab.go.id), dengan masing-masing dapat mengajukan lebih dari satu inovasi pelayanan publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *