Berita

PENILAIAN KINERJA PTSP DAN PPB DI KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2022

Dalam rangka kegiatan penilaian kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Pemerintah Daerah, selama 2 (dua) hari yaitu pada Hari Selasa – Rabu tanggal 5 – 6 Juli 2022  Kementerian Investasi /Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia (BKPM) melalui PT. Surveyor Indonesia melakukan verifikasi dan validasi lapangan.untuk keperluan pengecekan pengisian penilaian mandiri kinerja PTSP dan kinerja PPB beserta dokumen-dokumen pendukung yang telah diunggah di Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada tautan penilaiankinerja.bkpm.go.id.

Selain Dinas PMPTSP beberapa instansi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang yang ikut serta hadir  mengikuti pelaksanaaan verifikasi dan validasi yang bertempat di Ruang Rapat Dinas PMPTSP Kabupaten Pemalang adalah : Dinas DPUTR, DLH, Bappeda, Bagian Hukum dan Bagian Organisasi Setda Kabupaten Pemalang. Dalam kesempatan tersebut Kepala DPMPTSP Kabupaten Pemalang Khaeron, SH., MM. didampingi oleh Ir. RR Rusyani Dwi Widjayanti, M.Si. menerima langsung Surveyor dari Kementerian Investasi/BKPM, Hendri Lisdiantoro.

Adapun yang menjadi penilaian dalam evaluasi ini diantaranya melputi : Kelembagaan, SDM, Sarana dan Prasarana, Implementasi OSS, Keluaran, Penerapan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko, Penyederhanaan Persyaratan Dasar Berusaha dan Peningkatan Iklim Investasi. Selain itu juga dari segi inovasi, Dinas PMPTSP sudah membuat inovasi inovasi yang dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarkat dalam hal pelayanan aduan seperti SAMBATSUNG (Sistem Aduan Masyarakat Berbasis Elektronik Langsung). Dalam kunjungannya tersebut, Surveyor juga melihat satu persatu fasilitas pelayanan yang ada di Dinas PMPTSP Kabupaten Pemalang, diantaranya ruang pelayanan perizinan, ruang konsultasi, ruang arsip, ruang server, ruang pengaduan, ruang bermain anak, ruang laktasi dan maklumat pelayanan serta melihat proses perizinan yang ada di Dinas PMPTSP Kabupaten Pemalang.

Dari hasil penilaian secara langsung, Dinas PMPTSP telah menerima hasil sementara, untuk penilaian kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yaitu 78,750 kategori baik, untuk nilai yang tertinggi diperoleh dari terpenuhinya sarana dan prasarana sedangkan nilai yang terendah diperoleh dari rendahnya SDM yang mengikuti pelatihan dari BKPM.

Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan dan penyerahan hasil verifikasi dan validasi oleh pihak Surveyor dan Kepala DPMPTSP Kabupaten Pemalang. Harapannya hasil penilaian ini mampu mendorong target pemerintah dalam memperbaiki iklim pelaksanaan berusaha di daerah dan kaluitas pelayanan publik yang bermuara pada peningkatan Ease of Doing Business (EODB) atau Kemudahan Berusaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *