Berita

RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PENILAIAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2022

Dalam rangka mempersiapkan penilaian penyelenggaraan pelayanan publik Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Ombudman Republik Indonesia, maka pada hari Rabu tanggal 20 Juli 2022 telah dilaksanakan Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh Sekretaris Dinas pada Unit Kerja yang menjadi lokus penilaian yaitu Disdukcatpil, Dinas PMPTSP, Dindikbud, Dinkes, Dinsos KB PP dan beberapa Kepala Puskesmas sampel. Sri Agustiningsih, S.H, M.H, selaku Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Pemalang menyampaikan bahwa penilaian tahun ini agak sedikit berbeda dibandingkan dengan penilaian tahun sebelumnya antara lain karena penilaian pada tahun 2022 ini lokus penilaian menambahkan pelayanan  sosial yang diampu oleh Dinsos KBPP dan metode wawancara yang digunakan dalam penilaian melibatkan pula Kepala Perangkat Daerah/Sekretaris Dinas disamping petugas layanan.

Dalam rapat koodinasi tersebut, disampaikan pula bahwa penilaian yang diagendakan pada bulan Agustus – Oktober 2022 untuk mengukur sejauhmana Unit Kerja mengimplementasikan standar pelayanan melalui pemenuhan yang bersifat tangible atau ketampakan fisik indikator standar pelayanan di ruang pelayanan dan website resmi unit kerja yang dinilai. Indikator tersebut meliputi ketersediaan persyaratan, mekanisme, jangka waktu, tarif/biaya, produk pelayanan, pengelolaan pengaduan, sarana prasarana umum dan sarana prasarana untuk pengguna layanan berkebutuhan khusus, ketersediaan maklumat pelayanan, termasuk evaluasi pelayanan dalam bentuk sarana pengukur kepuasan pelayanan. Ketersediaan varibel tersebut harus terlihat dan dapat diakses oleh pengguna layanan.

Penilaian penyelenggaraan pelayanan publik menghasilkan predikasi sebagai berikut : Predikat Kepatuhan Tinggi atau Zona Hijau bagi Unit Kerja yang memperoleh nilai 81 – 100, Kepatuhan Sedang atau Zona Kuning apabila memperoleh nilai 51 – 80,99 adapun bagi Unit Kerja yang nilainya dalam interval 0 – 50,99 maka predikasinya adalah Kepatuhan Rendah atau berada dalam zona Merah. Capaian nilai pada tahun 2021 yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Pemalang adalah 85,57 predikasi Kepatuhan Tinggi atau dalam Zona Hijau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *